Cara Custom Tombol Navigation Bar Asus Zenfone Max Pro M1 Tanpa Root

-
Buat para pengguna HP Asus Zenfone max pro M1 yang tidak terbiasa dengan tombol back di kiri kali ini saya akan memberikan tutorial cara memodifikasi tombol navigasi bar yang ada di bawah handphone menjadi sesuai yang kita inginkan tanpa root tetapi kita harus memiliki komputer ataupun laptop jika kalian tidak memilikinya silahkan pergi ke warnet terdekat.

memang sekarang ini sudah banyak yang share tetapi tidak ada salahnya saya share kembali karena saya sendiri pun juga sudah melakukan tutorial ini pada handphone saya dan tidak ada kendala yang saya temukan dan semuanya berhasil.

Selain mengubah tombol back ke bagian kanan dan tombol recent app di bagian kiri kamu juga dapat mengubah tampilan tombol navigation bar menjadi model-model HP tertentu seperti halnya yang saya terapkan pada HP Asus max pro M1 saya yang saya ubah mirip seperti tombol navigasi bar Samsung galaxy S9.


kelebihan tutorial yang akan saya share untuk Anda ini adalah tidak memerlukan root sehingga apabila ada system update handphone Anda masih bisa kita update secara otomatis di pengaturan karena tidak terdeteksi root.
Nantinya kita juga dapat meng custom logo tombol back tombol home tombol recent apps sesuai yang kita inginkan sehingga sifatnya akan menjadi open source bebas untuk kita modifikasi sesuai kemauan kita, OK langsung saja simak tutorialnya di bawah ini dengan mudah.


Bahan;
1. Custom Navigation Bar [PRO] 
2. Minimal ADB Tools 

Cara pemasangan

1. install aplikasi Custom Navigation Bar [PRO].apk ke hp anda, kemudian aktifkan USB Debuging Hp anda, caranya masuk Pengaturan >> system >> Tentang ponsel >> klik 7x Nomor bentukan >> kemudian klik kembali >> pilih menu OPSi developer >> Debuging USB aktifkan. kemudian colokkan hp kamu ke PC


2. install Minimal ADB Tools di pc anda dan buka, lalu ketik kode perintah  adb devices Klik enter nanti akan muncul Serial Number HH dan Succes.






3. Lalu ketik “ adb shell “, tekan enter, maka akan muncul simbol $ itu tandanya akses root aktif

4. Kemudian ketik “ pm grant xyz.paphonb.systemuituner android.permission.WRITE_SECURE_SETTINGS “ tekan enter

5. Setelah sukses, ketik " exit " enter dan ketik " exit " lagi untuk menutup command prompt.

6. Kemudian buka aplikasi Custom Navigation Bar [PRO]  di hp anda dan kemudian klik navigation bar berikut dibawah ini adalah menu yang nantinya kamu akan lihat

  • Layout > Normal / Compact (sesuaikan selera)
  • Inverted (aktifkan jika pengen mengubah tombol Back berada di kanan)
  • Normalize Button Size (untuk mereposisi layout/ukuran)
  • Rotate Suggestion (untuk menampilkan ikon rotasi otomatis di pojok kiri bawah ketika smartphone dimiringkan, ini fitur di Android P)
  • Theme (pilihan tema NavBar)
  • Experimental Tweaks (untuk meng-custom fungsi tombol dan mengubah ikon, akan saya jelaskan dibawah)
  • Immersive mode (untuk menyembunyikan NavBar dan Status Bar)
  • Extra left dan Extra right button (untuk menambahkan ekstra tombol)


cara yang saya berikan diatas tidak memiliki resiko apapun namun apabila anda bosan dan ingin mengembalikan tombol navigasi bar ke pengaturan pabrik silakan Anda reset terlebih dahulu pengaturan di aplikasi custom navigation sebelum anda menghapus atau meng uninstall aplikasi ini, jika tidak ada rasa terlebih dahulu pengaturannya tombol navigasi bar nantinya tidak akan muncul sehingga Anda perlu menginstal kembali aplikasi ini.

Ok apabila anda memiliki pertanyaan silakan tulis di kolom komentar supaya bisa saya bantu secepatnya sekian dan saya ucapkan terima kasih telah berkunjung di sebarkancara.com

Comments