Cara Setting Robots.txt SEO Sesuai Aturan Google Di Blogger

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat blog lebih SEO Friendly bagi pengguna dan juga mesin pencari Google adalah  dengan cara setting search preference pada pengaturan blogger. Robots.txt, nah robot txt ini digunakan untuk mengatur jalannya mesin crawl Google yaitu googlebot untuk merayapi semua halaman pada situs atau blog anda.



Pengaturan Robot.txt ini diterapkan supaya mesin pencari seperti Google tidak sembarangan mengindex bagian blog atau url situs tertentu pada web kalian, jadi apabila kalian salah setting pada robot.txt ini bisa membahayakan blog kalian.

Karena jika asal setting blog atau situs kamu tidak akan terindex Google, atau sebaliknya kamu juga bisa menggunakan robot.txt ini untuk melarang mengindex. bagian url tertentu sehingga tidak akan di index mesin pencari.

Apa itu Robots.txt?

Robot.txt merupakan sebuah protokol untuk memberitahu mesin pencari seperti Google,bing,yahoo,dll tentang akses halaman di blog atau website. Namun dikenal juga dengan sebutan robot protokol pengecualian, web spiders, robot crawlers, atau web wanderers.script Robots.txt ini dipasang pada header situs untuk mengizinkan maupun membatasi akses crawling mesin pencari. Tujuannya adalah supaya blog/situs kamu bisa terlihat di mesin pencari atau tidak mengijinkan mesin pencari untuk crawling pada halaman tertentu blog kamu.

Url yang biasanya tidak di index google adalah url label,arsip dan hasil pencarian di blog kamu sehingga label atau hasil pencarian pada blog kamu tidak akan muncul di google, walaupun kamu juga bisa dengan mudah memberi akses robot google untuk index seluruh halaman situs kamu, contohnya url seperti ini yang tidak boleh di index Google karena kurang seo:

  • https://www.sebarkancara.com/search/label/Internet?&max-results=6
  • https://www.sebarkancara.com/search?q=Blogger
  • https://www.sebarkancara.com/p/blog-page.html

Bagamana Cara Setting Robots.txt Blogger?

Untuk trik pengaturannya silahkan kamu buka blogger.com kemudian pada bagian menu setting lalu search preferences atau prefensi penelusuran dan kemudian pilih custom robots.txt dan edit dengan memasukkan kode perintah dibawah ini
  • Ganti URL https://www.sebarkancara.com/sitemap.xml dengan url blog kamu
User-agent: Mediapartners-Google
Allow: /
User-agent: *
Disallow: /search?updated-min=
Disallow: /search?updated-max=
Disallow: /search/label/*?updated-min=
Disallow: /search/label/*?updated-max=
Allow: /

Sitemap: https://www.sebarkancara.com/sitemap.xml

Nah itulah cara saya menerapkan robot.txt di blogger supaya blog kita makin seo, untuk mengetahui hasil dari ubahan yang kita buat tadi silahkan kunjungi https://urlbloganda.blogspot.com/robot.txt silahkan ganti url yang saya beri tanda merah dengan url blog kamu.

Belum ada Komentar untuk "Cara Setting Robots.txt SEO Sesuai Aturan Google Di Blogger"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah artikel