Penyebab Knalpot Nembak Dan Cara Mengatasinya



Penyebab Knalpot Nembak Dan Cara Mengatasinya - Mungkin di antara kalian pernah mengalami hal yang tidak wajar di motor kesayangan anda, cotohnya seperti knalpot nembak nembak atau meletus/meledak dengan suara yang amat keras. Ada banyak faktor yang menyebabkan knalpot motor ini nembak nembak yang mempengaruhi kinerja mesin menjadi kurang optimal, selain bisa bikin kaget terkadang juga saat kita buat jalan dan keluar suara tembakan bisa bikin kita malu karena di lihat orang.

Ciri khas knlapot nembak pada kendaraan bermotor ini hanya ada atau sering kita jumpai pada motor yang masih menggunakan sistem pengabutan menggunakan karburator, ini di karenakan bisa terjadi karena benerapa hal yang bisa mempengaruhi kinerja mesin menjadi kurang optimal jika kita teruskan dan tidak segera kita perbaiki, Nah berikut ini adalah penyebab yang mungkin membuat knalpot motor anda mengeluarkan suara letupan atau nembak dan juga cara untuk mengatasinya.

Penyebab Knalpot Motor Nembak

1. Penyebab pertama apabila saat turun gas knalpot muncul suara letupan ialah packing knalpot bisa saja bocor, nah inilah yang membuat suara ledakan saat gas turun, solusinya adalah coba ganti packing knalpot motor yang anda miliki, jika masih muncul suara nembak pada knalpot, coba chek kembali kondisi knalpot motor anda apakah ada yang kropos atau terdapat lubang pada knalpot, hal ini juga bisa berakibat muncul suara letupan pada knalpot, solusinya coba bawa ke tukang las/ganti sekalian knalpot dengan yang baru

2. Penyebab lain apabila knalpot muncul suara nembak atau letupan adalah, selain dari kebocoran kanlpot sesuai pengalaman sendiri masalahnya ada pada intake manifol karburator yang bocor atau renggang, solusi termudahnya adalah apabila paking karet intake manifol rusak adalah dengan cara meng-lem nya supaya rapat, atau bisa juga anda buatkan packing atau perpak sendiri menggunakan kertas.

3. Suara nembak yang paling parah adalah ketika kita menghidupkan motor dengan kick starter atau engkol tiba tiba keluar letupan yang amat keras dan bisa bikin tetanga kaget (pengalaman) karena begitu kerasnya suara yang di timbulkan. Nah apabila hal ini terjadi pada motor anda biasanya masalahnya terdapat pada busi motor kita, ini di karenakan kondisi busi sudah tidak layak pakai/sudah setengah mati.

4. Setelan agin agin karburator yang kurang tepat juga bisa menjadi masalah keluarnya suara nembak pada knalpot, namun cara mengatasinya sedikit sulit ketimbang tiga hal yang  telah saya sebutkan tadi di atas, yaitu kita harus hafal untuk mengiritkan konsumsi bbm maupun memboroskannya, caranya kendorkan angin angin karburator apabila bensin motor terlalu boros atau kencangkan setelan angin angin apabila motor terlalu irit, biasanya jika sudah pas setelannya anda bisa chek melalui kondisi busi, jika sudah pas warna busi akan berwarna merah bata dan tidak hitam atau malahan basah.

Dari keempat masalah di atas dan yang paling sering terjadi dan membuat suara tembakan pada knalpot motor adalah nomor 1 dan nomor 2, jadi anda bisa chek terlebih dahulu kedua komponen yang saya sebutkan di atas apakah masih layak pakai atau tidaknya, jika bisa di perbaiki cobalah perbaiki dengan cara anda sendiri atau jika sudah parah bisa anda ganti dengan yang baru.

Itulah ke empat penyebab dari knlalpot yang suka mengeluarkan suara seperti nembak, dan untuk mengatasinya sendiri anda bisa melakukannya sesuai saran yang telah saya tulis pada artikel di atas oke demikian artikel singkat dari saya semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi banyak orang, sekian dan terimakasih telah berkunjung.

Belum ada Komentar untuk "Penyebab Knalpot Nembak Dan Cara Mengatasinya"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah artikel