Cara Menentukan Posisi Top Noken As Satria FU

Saturday, May 26, 2018
-
Buat para pengguna motor suzuki satria FU yang ingin belajar oprek sendiri mesinnya, tetapi tidak tau posisi Top Noken AS atau posisi top mesinnya, disini saya akan mencoba menjelaskannya secara detail sehingga tinggal anda praktekkan saja di rumah tanpa harus pergi ke sebuah bengkel, saya jamin pasti anda bisa asalkan kamu menyimak tutorial yang saya berikan hingga selesai dikarenakan apabila sampai salah saat menentukan posisi top bisa fatal akibatnya.

Pertanyaanya apa yang terjadi apabila anda sampai salah saat memasang posisi top noken as atau top mesin pada satria fu? Jawabannya adalah jika posisi top hanya bergeser 1 atau 2 mata motor hanya akan kehilangan tenaganya, tetapi apabila pemasangan noken as tidak TOP dan bergeser sangat banyak kemungkinan klep motor anda bisa bengkok sehingga anda perlu hati hati dan teliti.

Satria FU sendiri merupakan sebuah motor under bone yang telah menggunakan type mesin DOHC (Doble Over Head Camshaft) atau dua noken as, entah itu type lama atau yang baru semuanya sama sama menggunakan dua noken as untuk mengatur gas masuk dan gas buangnya, sehingga untuk cara menentukan posisi top mesinnya pun berbeda dengan mesin motor yang masih berjenis SOHC atau single noken AS dikarenakan kita harus mengatur 2 noken as.

Baiklah dibawah ini adalah penjelasan cara menentukan posisi top noken as dan mesin lengkap dengan gambar, dan harap anda simak dengan teliti supaya tidak terjadi kesalahan yang berakibat fatal.

Cara Menentukan Posisi TOP Noken Dan Mesin Motor Satria FU DOHC


Cara TOP mesin Satria FU

1.Buka tutup yang berada di bagian bak magnet dan juga tutup lobang intip, putar magnet menggunakan kunci T dan cari tulisan huruf T melalui lobang intip, setelah ketemu maka Mesin sudah TOP/TMA



Cara Menentukan Top Noken As Satria FU

1. Cara 1 Mengetahui posisi Tonjolan Noken



Pada gambar nomor 1 diatas saya akan menjelaskannya disini, pada noken in posisi top yang benar adalah tonjolan noken menghadap ke belakang atau ke arah karbu, sedangkan untuk noken Ex adalah kebalikannya yaitu tonjolan noken menghadap ke depan atau kearah knalpot.


2. Cara 2 Mengetahui posisi top noken dengan symbol yang berada di noken as


Noken EX

Noken yang ada Kode nomor 2 adalah noken ex, dan di samping angka 2 tersebut ada tanda panah, dan tanda panah tersebut harus lurus menghadap ke atas, sedangkan simbol - (lihat yang saya lingkari) harus lurus sejajar dengan blok head.

Noken IN

Noken in memiliki kode nomor 3, dan di sampingnya juga memiliki tanda panah yang harus lurus menghadap keatas, sedangkan di batang noken as juga punya symbol - yang harus lurus sejajar dengan blok head.

Oke pastikan sebelum melakukan posisi pencarian top noken as tensioner rantai keteng sudah anda kendorkan terlebih dahulu menggunakan taspen atau obeng - supaya rantai keteng tidak tegang saat proses pengetopan, dan setelah proses pengetopan benar benar berhasil anda bisa kencangkan kembali tensionernya menggunakan taspen.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

No comments:

Post a comment