Cara Menggunakan HP Android Sebagai Hotspot WiFi (Berbagi WiFi)

Handphone dengan OS Android merupakan smartphone yang memiliki fitur cukup lengkap dengan harga yang sangat terjangkau di pasaran dunia, salah satu fitur yang sangat penting bagi saya adalah dengan membuat jaringan wifi atau hotspot sendiri dengan menggunakan HP android pribadi untuk saya gunakan tethering laptop saya. jadi apabila  anda browsing di internet menggunakan PC/laptop namun kuota habis, maka solusinya kamu bisa menggunakan HP android sebagai modem agar bisa tetap online menggunakan PC/laptop. tanpa harus beli modem, Namun Juga bisa digunakan untuk hotspot wifi sesama HP android atau hp lainnya jika kuota internet teman atau saudara kebetulan habis, dengan syarat hp yang kamu gunakan sebagai hotspot harus memiliki kuota internet dari operator seluler.

Aktifkan hotspot wifi android

Walaupun dari jaman dulu kebanyakan hp android telah memiliki fitur ini dan, jadi fitur ini sangat bermanfaat sekali buat orang seperti saya yang malas beli modem, karena saya bebas bisa share jaringan wifi kapanpun dimanapun, contohnya saja hp android yang bisa menggunakan fitur ini adalah hp Samsung, Xiaomi Redmi, Oppo, Vivo, Infinix, Asus, Meizu, Sony dan lain lain, karena semua hp china sekarang bisa semuanya,

Dan biasanya menu Hotspot ini langsung tersedia di bagian notification bar andoid kamu, jadi kalian hanya tinggal seret kebawah bagian notification bar android kalian, nanti kamu akan menemukan fitur yang bernama Hostpot, Contohnya seperti gambar dibawah ini, dan gambar dibawah ini saya menggunakan hp asus zenfone maxpro m1, kalian cukup tarik bagian atas layar kebawah dan cari menu Hotspot, kemudian klik aktifkan. hingga hotspot aktif, dan sekarang kamu bisa sambung ke hp lain dengan mudah.
Aktifkan hotspot wifi android

Namun kalau kamu mengaktifkan hotspot portable melalui menu ini, kamu tidak akan tau apa password wifi yang ingin kamu bagikan solusinya untuk mengetehui isi paswordnya buka pengaturan ==> Jarinagn & Internet ==> Hotspot &Tethering Kemudian Aktifkan, Untuk mengetahui passwordnya sialhkan klik Siapkan Hotspot Wifi dan klik tampilkan sandi, dan setelah itu kamu bisa mengetahui passwordnya



Aktifkan hotspot wifi android

Namun cara diatas hanya berlaku di hp Asus Zenfone Max Pro m1 milik saya, dan mungkin akan berbeda jika kalian menggunakan hp dengan merek lain, jadi silahkan simak cara dibawah ini untuk pengguna selain hp Asus, namun mungkin saja tempat konfigurasinya tetap tidak sama karena beda versi android.

Cara Menggunakan HP Android Sebagai Hotspot WiFi

  • Untuk pengguna hp Asus Zenfone max Pro series buka pengaturan ==> Jarinagn & Internet ==> Hotspot &Tethering Kemudian Aktifkan, Untuk mengetahui passwordnya sialhkan klik Siapkan Hotspot Wifi dan klik tampilkan sandi

Cara Menggunakan HP Samsung Galaxy sebagai Hotspot WiFi

  • Untuk Pengguna HP Samsung Galaxy Silahkan masuk menu “Setting atau Pengaturan” >> Lalu pilih menu “Koneksi” ==> Hotspot Seluler dan  Peramban ==> Hotspot Seluler ==> Aktifkan, untuk mengganti/mengetahui passwordnya nonaktifkan opsi ini terlebih dahulu kemudian klik saja tulisan Hotspot seluler nanti kamu akan masuk menu konfigurasinya.

Cara Menggunakan HP OPPO sebagai Hotspot WiFi

  1. Buka Pengaturan >> Pilih Sambungan nirkabel lainnya.
  2. Pilih Hotspot pribadi >> Lalu aktifkan hotspot pribadi dengan geset tombol ke kanan.
  3. Silahkan ubah nama hotspot dan kata sandi dengan cara pilih Hotspot pribadi >> kemudian pilih tab pengaturan.
  4. Silahkan ubah nama dan kata sandi sesuai yang diinginkan.

Cara Tethering Hotspot WiFi Pada HP Xiaomi Redmi

  1. Masuk halaman pengaturan atau setting
  2. Pilih menu More.
  3. Lalu pilih menu “tethering & portable hotspot” >> lalu pilih Portable wi-fi hotspot
  4. Aktifkan dengan cara geser tombol ke kanan.
  5. Untuk mengubah kata sandi atau password dan nama hotspot silahkan masuk menu “Set up wi-fi hotspot“.
  6. Selesai.
Namun untuk pengguna hp xiaomi redmi 3 dan 4 silahkan masuk menu setting/pengaturan >> personal hotspot >> lalu pilih Portable wi-fi hotspot, Sedangkan pengguna xiaomi miui 8.5 caranya sebagai berikut:
  1. Pertama Masuk menu Setting >> lalu pilih personal hotspot
  2. Silahkan aktifkan Portable hotspot dengan cara geser ke sebelah kanan.
  3. Pengaturan wifi hotspot silahkan pilih set up portable hotspot. SSID: untuk mengatur nama hotspot wifi, Security: pengaturan kata sandi none (tanpa password) sedangkan wpa2 (dengan password). Sedangkan Select ap band: adalah untuk mengatur jangkauan hotspot wifi, untuk 2,4 GHz jangkauan lebih luas sedangkan untuk rumahan pilih 5 GHz.
  4. Done

Cara Membuat Hotspot WiFi dengan HP VIVO

  1. Pertama kamu Buka pengaturan >> lalu pilih menu Hotspot Pribadi
  2. Kemudian  aktifkan pada menu Hotspot Wi-Fi
  3. Pilih konfigurasi kata sandi untuk mengubah password atau kata sandi hotspot wifi.
  4. Done

Setting Hotspot WiFi di HP Huawai

  1. Pertama buka menu Setting >> Pilih tab All >> lalu pilih More…
  2. Kemudian aktifkan pada menu Hotspot Wi-Fi
  3. Pilih konfigurasi kata sandi untuk mengubah password atau kata sandi hotspot wifi.
  4. Aktifkan Portable Wi-Fi hotspot.
  5. Selesai
Jadi inti dari tutorial diatas adalah di setiap hp android dengan merk yang berbeda, cara aktifkan fitur hotspotnya pun berbeda dan juga cara ganti passwordnya pun letak menunya berbeda, jadi apabila kamu tidak menemukan menu yang saya maksut, silakan kamu uprek uprek saja menu bagian koneksi/Hotspot, Tethering, peramban karena tiap hp beda istilah namanya dan juga tempat settingnya,nah sekian artikel kali ini di sebarkanCara.com, semoga artikel diatas dapat bermanfaat sekian dan saya ucapkan terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Cara Menggunakan HP Android Sebagai Hotspot WiFi (Berbagi WiFi)"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah artikel