Cara Membuat dan Membuka File RAR / ZIP /7z di Komputer & Android

Apabila kamu sering unduh atau download file di internet tentu tidak asing dengan istilah file RAR atau ZIP yang memiliki logo seperti (berbentuk susunan buku), karena format file tersebut merupakan cara terbaik untuk membuat archive file atau folder yang nantinya akan sangat mudah dibagikan atau di upload melalui internet seperti dalam pembelian template, ebook, file skripsi, makalah, atau file penting lainnya juga dapat memudahkan mengirim banyak file melalui facebook atau email sehingga kita tidak perlu repot repot uplaod satu persatu ke internet.

Cara Membuat dan Membuka File RAR / ZIP /7z di Komputer & Android

Format file RAR / ZIP / 7z ini bisa digunakan pada perangkat komputer laptop maupun android dan juga IOS, Dahulu format ini hanya digunakan pada perangkat komputer saja, namun sesuai perkembangan zaman dan sebuah kebutuhan maka android juga dapat mengakses file .rar maupun .zip dan format lainnya menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga dari Playstore. Karena fungsi smartphone android sekarang ini hampir menyamai perangkat komputer.

Didalam artikel ini saya akan merekomendasikan beberapa aplikasi yang nantinya bisa kalian gunakan untuk membuka file RAR / ZIP secara gratis terbaik dengan fitur lengkap di perangkat komputer atau android. Sehingga anda bisa selalu update sesuai dengan kebutuhan untuk menghindari eror.

Cara Membuat dan Membuka File RAR & ZIP di Komputer atau Laptop

Sebelum membuat atau membuka file RAR/ZIP dan format lainnya maka kamu harus memiliki aplikasinya terlebih dahulu dan sudah terinstal pada perangkat komputer atau laptop anda. Aplikasi yang sangat populer dan sering digunakan adalah WinRAR yang bisa membuka dan membuat file dengan format .rar dan .zip dan lainnya dengan mudah dan cepat.

Bahan bahan:

Silahkan download dan instal aplikasinya terlebih dahulu secara gratis dibawah ini dikomputer kalian:
  • Windows 32 bit silahkan unduh DISINI.
  • Windows 64 bit silahkan unduh DISINI.
  • Atau ingin mengetahui update terbaru silahkan akses situs resminya DISINI.
  • Untuk instal silahkan ikuti petunjuk yang sudah ada sampai selesai.
Apabila kamu sudah berhasil instal aplikasinua maka sudah bisa membuka dan membuat format file RAR/ZIP menggunakan komputer/ Laptop ikuti langkah-langkah dibawah ini:

Cara Membuat File RAR/ZIP melalui Komputer/Laptop
  1. Silahkan blok satu file atau banyak file (sesuai kebutuhan) kemudian klik kanan dan pilih Add to archive.
  2. Silahkan memberi nama file yang ingin dibuat pada kolom archive name, lalu pilih format file pada kolom Archive format (silahkan pilih rar atau zip), terakhir klik tombol OK.
  3. Selesai, sekarang kamu bisa lihat hasilnya seperti gambar dibawah ini.

Catatan: Kamu juga bisa memberikan password pada  file zip atau rang yang kamu buat dengan cara klik opsi Set Password setelah itu baru klik Ok maka file zip kamu akan ada passwornya, dan setiap kali ingin di extract maka harus memasukkan password terlebih dahulu


Cara Membuka File Rar / ZIP melalui Komputer / Laptop

Kalau kamu hanya ingin membuka saja maka cukup klik 2x pada file RAR/ZIP, anda sudah bisa akses file yang ada didalamnya. Namun jika ingin mengeluarkan semua file dari format RAR/ZIP maka harus diekstrak terlebih dahulu. Berikut langkah-langkahnya:
  1. Silahkan klik kanan pada file format RAR/Zip kemudian pilih Extract here..
  2. Maka akan secara otomatis mengeluarkan file yang ada pada format RAR/ZIP seperti dibawah ini:
  3. Selesai

Cara Membuka dan Membuat File RAR atau ZIP di HP Android

Disini saya merekomendasikan aplikasi yang bernama Zarchiver yang bisa kalian download disini terlebih dahulu: Zarchiver.apk tau kamu bisa langsung cari di Playstore, untuk menggunakan aplikasi ini silakan kamu simak caranya dibawah ini

Cara Membuka File Zip/Rar dengan Zarchiver Android
  1. Buka aplikasi zarchiver kamu
  2. cari file yang ingin kalian lihat
  3. jika sudah ketemu, klik file yang ingin kamu lihat, setelah itu Klik LIHAT, pada opsi ini kamu sudah dapat lihat isi file rar atau zip, untuk megeluarkannya simak tutorial dibawah ini
Cara Extract File ZIP/RAR dengan Zarchiver Android 
  1. cari file Zip/rar/7z atau lainnya yang ingin kamu Extract
  2. klik filenya dan setelah itu klik extract disini
  3. Selesai
Cara membuat file Zip/rar/7z dengan Zarchiver Android
  1. buka aplikasi zarchiver yang kamu miliki
  2. klik logo file yang ingin kamu buat Zip/rar/7z contohnya saya akan membuat 3 file menjadi zip
  3. setelah itu klik namanya, setelah itu klik Kompres Zip
  4. Hasilnya
  5. Selesai

Sekian dulu informasi tentang cara membuka da membuat file format RAR atau ZIP dengan mudah dan cepa di android atau komputer, Semoga dapat membantu pekerjaan anda dalam hal file format RAR mapun ZIP. Selamat mencoba,terimaksih.

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat dan Membuka File RAR / ZIP /7z di Komputer & Android"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah artikel