Cara Instal Windows 7 Di Komputer / Laptop Lengkap Dengan Gambar

Halo apa kabar semuanya buat kalian para pengguna laptop atau komputer yang ingin melakukan proses instalasi  atau instal ulang Windows 7 pada komputer maupun laptop yang kamu miliki ketika Anda membeli laptop baru terkadang laptop tersebut belum terinstal sistem operasi atau masih DOS.

Nah untuk bisa menggunakan laptop tersebut kita perlu menginstal sistem operasi terlebih dahulu semisal kita menginstal sistem operasi Windows 7 di komputer kita agar anda dapat menggunakan komputer.

tutorial penginstalan Windows 7 pada komputer memang sedikit rumit dan b apabila anda lakukan dengan teliti maka akan terbilang mudah.

Seperti yang kita ketahui bahwa sistem operasi Windows 7 merupakan salah satu sistem operasi Windows yang sangat populer saat ini, sistem operasi Windows dirilis untuk umum pada tahun 22 Oktober 2009 lalu.

Meskipun saat ini sudah terdapat versi Windows yang lebih baru, yaitu Windows 8 ataupun Windows 10, namun sistem operasi Windows 7 tetap atau masih banyak digemari oleh banyak orang, karena tampilannya yang sederhana dan sangat mudah dipahami dan digunakan.

Di bawah ini saya akan membuatkan tutorial cara menginstal Windows 7 untuk pemula menggunakan DVD atau CD,saya akan membuatkan tutorial ini semudah mungkin supaya gampang dipahami oleh para pemula yang ingin menginstal Windows 7.

sebelum melakukan proses instalasi Windows 7 sebaiknya Anda persiapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang saya sebutkan di bawah ini, supaya nantinya anda tidak kesulitan saat melakukan proses instalasi dan tinggal klik sana klik sini saja supaya lebih cepat

Bahan-bahan install Windows 7

  • Siapkan DVD Windows 7 karena kita akan belajar menginstal Windows 7 dari DVD ROM
  • Setting BIOS agar booting dari CD atau DVD
  • Backup data penting terlebih dahulu supaya tidak hilang atau terhapus
  • apabila Anda ingin menginstal Windows 7 ini di laptop sebaiknya Anda colokan laptop Anda ke charger laptop supaya saat proses instalasi laptop anda tidak kehabisan baterai yang akan berdampak buruk pada laptop Anda atau bisa saja gagal instalasi
  • Berdoa

Cara Setting Bios Supaya Booting Bisa Dari CD Atau DVD


Pada umumnya laptop atau komputer saat pertama kali booting itu dari hdd nah maka dari itu anda perlu mensetting terlebih dahulu agar booting pertama kali laptop anda bisa melalui CD atau DVD silahkan kalian ikuti instruksi di bawah ini dengan teliti agar booting laptop atau komputer kalian bisa dari DVD.


1. Nyalakan atau restart laptop Anda kemudian tekan tombol Del delete, mungkin untuk cara masuk bios pada setiap komputer bisa saja berbeda-beda caranya, di bawah ini adalah beberapa cara cara yang dapat anda lakukan apabila gagal masuk bios saat melakukan langkah di atas


  • Tekan dan tahan tombol F2 lalu tekan tombol power F2 jangan dilepas sampai bios muncul di layar
  • Saat startup tekan dan tahan tombol alt dan tekan berulang-ulang tombol F2 sampai bios muncul
  • Saat booting tekan dan tahan tombol FN sambil tekan berulang tombol F2
  • Tekan dan tahan tombol Excel lalu tekan tombol power ke tombol s jangan dilepas sampai bios muncul di layar

Silakan coba satu persatu cara yang saya sebutkan diatas cari yang bisa karena tiap komputer beda caranya.

2. Setelah tampilan bios muncul maka tampilannya akan seperti gambar di bawah ini setelah itu pindah ke tab boot dengan menggunakan tombol ◄ ►.



3. Pada tab boot  Andaakan melihat tampilan seperti gambar dibawah ini, seperti yang anda lihat pada gambar dibawah ini bahwa device yang berada di urutan teratas adalah hdd,jadi komputer maupun laptop anda akan melakukan booting pertama kali melalui hdd



4. Supaya bisa booting dari CD atau DVD yang kita miliki, kamu perlu menempatkan cd-rom drive berada di urutan teratas, untuk caranya dengan memilih cd-rom drive kemudian geser menggunakan tombol + atau - sampai berada di urutan teratas seperti gambar dibawah ini.



5. Setelah itu masukkan DVD Windows 7 nya pada DVD room kemudian tekan tombol F10 untuk menyimpan hasil settingan yang kita buat tadi kemudian keluar dari menu BIOS.


Saya ingatkan bahwa tidak semua tampilan bios di setiap komputer atau laptop memiliki tampilan yang sama bisa saja tampilan yang saya screenshot di atas berbeda dan tidak mirip seperti gambar yang saya tunjukkan di atas.

Langkah Cara Instal Windows 7 Pada Komputer Atau Laptop Lengkap Dengan Gambar


Baiklah tutorial di bawah ini adalah cara install ulang laptop ke Windows 7 karena kita telah selesai mensetting bios nya agar booting melalui CD DVD.

1. langkah pertama yang anda lakukan adalah tekan sembarang tombol untuk memulai instalasi, contohnya seperti gambar dibawah ini.



2. Silahkan anda pilih Indonesia pada time currency format untuk Language to Install dan keyboard input method, biarkan default  kemudianpilih Next saja, dan kita lanjut ke langkah berikutnya.


3. Untuk memulai instalasi sistem operasi Windows pada laptop kita pilih saja INSTALL NOW



4. Kemudian centang accepted the license terms, setelah itu pilih tombol next



5. Di sini saya menganggap kamu bahwa ini sedang belajar menginstal sistem Windows 7 pada komputer atau laptop untuk pertama kalinya jadi silakan pilih custom advance.



6. Namun apabila kamu ingin melakukan install ulang atau downgrade maupun upgrade sistem operasi Windows sekaligus ingin data-data pada partisi Lain tidak hilang cukup delete disk 0 partition 2 (partisi C:) dan juga disk 0 partition 1 : system reserved nantinya secara otomatis ke dua partisi yang ada di hapus tadi menjadi unallocated space.



7. Pada langkah ketujuh silakan Anda buat partisi baru lagi, secara otomatis partisi tersebut menjadi disk 0 partition 2, kemudian jadikan disk 0 partition 2 sebagai lokasi instalasi file Windows 7, kemudian silahkan tekan tombol next untuk melanjutkan,

Buat Anda yang ingin melakukan install ulang atau downgrade maupun upgrade ke Windows 7 sekaligus tidak ingin data-data pada partisipasi lain hilang, silakan kamu dapat melewati langkah nomor 7 sampai 10 dan bagi yang pertama kali melakukan instalasi Windows 7 sekaligus yang hdd nya masih mulus dan belum pernah melakukan install Windows sebelumnya silahkan lewati langkah nomor 6 ini.

Supaya lebih gampang kalian pahami saya memiliki gambar gif nya silahkan anda lihat gambarnya di bawah ini apabila Anda menggunakan HP saat membaca tutorial langkah ini saya sarankan kamu menggunakan browser chrome tAtaupun browser Firefox supaya gambar gif nya bisa berjalan




8. Langkah ke-8 selanjutnya Anda partisipasi ruang harddisk, silakan Anda pilih drive option advance > New lalu tentukan ukuran partisi ataupun drive tersebut kemudian pilih apply jika sudah selesai


9. Pilih tombol OK untuk pembuatan sistem file Windows atau yang bisa disebut system reserved partition saja, silakan lihat gambar di bawah ini.


10. Setelah itu silakan buat dua partisi dengan cara yang sama seperti langkah nomor 7 yang sebelumnya saya buatkan di atas, Namun sebenarnya berapa banyak partisi tergantung selera masing-masing pada tutorial ini saya hanya membuat 2 partisi lihat gambar di bawah ini supaya mempermudah tutorial.


11. Silakan kamu pilih Disk 0 partition 2 sebagai lokasi untuk instalasi Windows kemudian klik saja tombol next, sebenarnya Anda bisa memilih lokasi instalasi di mana saja tapi saya sarankan Anda letakkan disk 0 partition 2



12. Saat ini proses instalasi Windows 7 sedang ber langsung proses ini memakan waktu kurang lebih setengah jam atau paling cepat 20 menit selama proses berlangsung komputer atau laptop akan restart dengan sendirinya beberapa kali selama proses berjalan



13. Saat proses instalasi windows 7 ini berlangsung jangan tekan tombol apapun pada keyboard komputer yang kamu miliki hal tersebut akan menyebabkan Anda mengulangi proses instalasi Windows 7 dari awal.



Memberi Nama Komputer Dan Setting Pengaturan


1. Langkah selanjutnya yaitu memasukkan nama pengguna dan juga nama komputer kemudian tekan tombol next

2.Langkah kedua membuat password untuk akun Windows saran saya buatlah password yang rumit dengan kombinasi angka dan simbol, sedangkan untuk password hint isikan kata yang membantu Anda mengingat password anda tersebut, namun apabila anda tidak ingin memasukkan password atau menambahkan password biarkan saja kosong dan langsung saja tekan tombol next



3.Langkah ketika memasukkan produk key Windows 7 kemudian tekan tombol Next jika tidak mempunyai product key Anda dapat melewati dengan cara mengklik tombol next, tetapi tanpa aktivasi produk e anda hanya dapat menggunakan Windows 7 selama masa trial 30 hari selanjutnya pilih Next. untuk melanjutkan.



4. Untuk Windows update silahkan pilih Ask Me Later Anda dapat memilih user recommend setting jika DVD Windows 7 yang anda miliki original, namun apabila tidak saya sangat menyarankan ask me later



5. Untuk Timezone UTC 7 bangkok Hanoi Jakarta.




6. Langkah keenam yaitu menentukan lokasi jaringan  pilih publik network



7. Langkah ketujuh Anda harus menambahkan password untuk akun Anda seperti pada langkah nomor 14, kalian harus memasukkan password terlebih dahulu untuk masuk ke layar desktop kemudian tekan tombol enter



Nah sekarang proses instalasi Windows 7 setelah selesai sekarang anda dapat menggunakan komputer anda untuk melakukan tugas sehari-hari dan berikut ini adalah contoh tampilan pertama kali komputer atau laptop Windows 7 yang berhasil kalian install.


Tutorial diatas terbilang sangat rumit dan juga prosesnya sangat panjang namun apabila kalian pahami dengan teliti dan seksama saya harap kalian bisa untuk melakukannya tanpa harus pergi ke warnet atau menggunakan jasa instalasi komputer di warnet warnet terdekat.

Apabila ada yang ingin anda tanyakan silahkan kalian dapat menulis di kolom komentar yang tersedia sekian dan saya ucapkan terima kasih.

1 Komentar untuk "Cara Instal Windows 7 Di Komputer / Laptop Lengkap Dengan Gambar"

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah artikel