Cara Screenshoot Panjang Di Semua HP Android

Pada tutorial kali ini saya akan memberikan bagaimana cara screenshot panjang pada handphone Android, karena apabila Anda menemukan hal-hal menarik dan ingin mengabadikan atau mengambil screenshot secara keseluruhan pastinya Anda membutuhkan yang namanya screenshot panjang supaya konten bisa terpotret semuanya.

Karena HP Android menjadi salah satu perangkat gadget paling banyak diminati orang di seluruh dunia karena fungsinya yang cukup fleksibel dan sangat canggih dan juga harganya yang sangat murah dibandingkan merk sebelah.

Handphone Android juga telah dibekali fitur bawaan yang menarik yang akan mempermudah aktivitas para penggunanya tidak terkecuali adalah fitur screenshot yang kapanpun dapat kita gunakan untuk memotret gambar layar di HP kita.

Namun masalahnya di sini adalah ada beberapa ponsel Android yang hanya bisa memotret bagian penuh layar saja, dan tidak dapat memotret layar secara memanjang, namun biasanya handphone Android merk seperti Samsung maupun Xiaomi kelas flagship telah dibekali fitur screenshot panjang sehingga kita tidak memerlukan lagi aplikasi tambahan dan kita hanya tinggal menggunakan fitur bawaan pabrik tersebut untuk menggunakan screenshot panjang.

Namun apabila smartphone Android yang kalian miliki tidak memiliki fitur screenshot panjang anda dapat menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga yang dapat kalian unduh secara gratis di Google play store.

Karena screenshot menjadi cara terbaik untuk mengabadikan suatu konten yang unik atau lucu yang tampil di layar Smartphone kita, namun umumnya melakukan screenshot atau tangkapan layar hanya bisa diambil gambar yang tampil saat itu saja maksudnya adalah kita tidak dapat mengambil gambar layar secara memanjang terus ke bawah, hal ini tentunya akan menyulitkan ketika pengguna perlu melakukan screenshot suatu halaman yang panjang yang tidak muat ditampilkan pada satu layar HP kita, contohnya adalah status panjang yang terdapat di Facebook atau media sosial lainnya.

Kalau kita screenshot satu persatu itu mungkin sangat menyulitkan dan juga akan menyita banyak ruang penyimpanan di HP kita dan juga akan membuat file gambar menjadi banyak di galeri kita.

Ada saat ini tidak perlu khawatir karena melakukan screenshot panjang di HP Android sekarang ini bisa dilakukan pada semua merek dan tipe bahkan caranya pun sangat mudah sekali.

Nah berikut dibawah ini saya akan memberikan beberapa rekomendasi aplikasi yang dapat kalian gunakan untuk screenshot panjang pada handphone Android yang belum memiliki fitur bawaan ini, aplikasi di bawah ini menurut saya adalah aplikasi terbaik yang wajib Anda gunakan untuk melakukan screenshot panjang.

Cara Screenshoot Panjang Di Semua HP Android


1. Menggunakan fitur bawaan HP

Seperti yang saya jelaskan sebelumnya bahwa HP yang telah dibekali fitur tangkapan layar panjang kamu tinggal mengecek apakah HP Android kamu the last supper dengan fitur ini apa belum apabila sudah support maka anda bisa langsung menggunakannya biasanya fitur ini sudah tersedia pada handphone Samsung galaxy dan juga Xiaomi, vivo dan lainnya,

Misalnya disini saya menggunakan HP Vivo di mana sudah ada fitur bernama  S Captur, fitur tersebut berfungsi untuk melakukan tangkapan layar biasa atau pun juga tangkapan layar memanjang ke bawah.

Selain HP Vivo HP Xiaomi juga dibekali fitur semacam ini anda dapat melakukan screenshot biasa atau pun segera cat memanjang ke bawah, untuk caranya sendiri sangat mudah anda tinggal menekan tombol power + volume down pada area yang ingin di screen shot, nah untuk mengambil screenshot panjangAnda tinggal klik gambar kecil di kanan tampilan kemudian tekan menu gulir tentukan sampai mana panjang tangkapan layar yang anda inginkan jika sudah klik Done atau selesai


2. Dengan AplikasLong Shot

Long shoot merupakan aplikasi pihak ketiga yang dapat Anda gunakan untuk melakukan screenshot panjang di HP Android merk apapun, nah ini adalah solusi terbaik jika HP anda tidak memiliki fitur long screenshot bawaan pabrik, aplikasi ini dikembangkan oleh Leav Jenn yang bisa kamu dapatkan secara gratis di Google play store.

Tampilan aplikasi ini sangatlah sederhana sehingga sangat mudah untuk digunakan oke berikut di bawah ini adalah langkah-langkah menggunakan aplikasi long shot untuk melakukan screenshot panjang di semua HP Android


  • Langkah pertama kamu perlu download aplikasi long shot melalui Google play store
  • Setelah download selesai silahkan anda buka aplikasi long shot.
  • Pada menu utama tampilan aplikasi ini silahkan centang saja autoscroll



  • Setelah selesai silakan klik saja tombol biru yang bentuknya mirip seperti logo untuk memotret pada kamera.
  • Setelah anda klik tombol yang saya maksud di atas nanti anda akan dibawa ke tampilan menu utama handphone Anda, nanti akan muncul dua tombol melayang mulai dan Cancel silakan kamu buka aplikasi mana yang mau di screenshot panjang


  • Apabila anda telah menentukan mana aplikasi yang ingin kalian screenshot panjang sekarang klik saja mulai nanti aplikasi akan secara otomatis scroll ke bawah dengan sendirinya sampai batas yang anda inginkan
  • Untuk menghentikan screenshot panjang Anda tinggal ketuk bagian atas layar (diatas garis merah) saja nanti dia akan secara otomatis menyimpan hasil screenshot kita.


Selain itu dengan aplikasi longshoot ada juga dapat melakukan pengeditan sebelum screenshot benar-benar disimpan ke galeri dengan, Anda dapat membuat bagian-bagian tertentu sebelum menyimpan screenshotnya.

Nah itulah dua cara yang dapat anda lakukan untuk melakukan screenshot panjang menurut saya cara yang paling mudah adalah menggunakan fitur bawaan apabila handphone anda memiliki fitur tersebut namun, jika tidak sebaiknya anda menggunakan aplikasi yang saya rekomendasikan ini yaitu longshoot karena paling mudah untuk kita gunakan.

Demikian informasi kali ini jika anda memiliki pertanyaan silahkan kalian tulis aja di kolom komentar yang tersedia sekian dan saya ucapkan terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Cara Screenshoot Panjang Di Semua HP Android"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah artikel