Tumpak Sewu Surganya Lumajang, Seribu Air Terjun

Tumpak sewu artinya adalah pemandangan alam yang menonjolkan aliran air terjun dari ketinggilan hampir 100 meter.

Air terjun sendiri tidak hanya terfokus pada satu air terjun saja, melainkan lebih dari 100 air terjun yang turun ke daratan.

Aliran air sendiri dari kaki gunung semeru yang tampak asri dan jernih, jadi wajar jika tumpak sewu malang menjadi daya tarik tersendiri.

Air terjun sendiri berlokasi di dua kabupaten, kabupaten malang dan juga kabupaten Lumajang.

Pasalnya air terjun tumpak sewu sendiri terletak di pusat perbatasan antara kota Malang dan kota Lumajang.

Oleh karenanya coban sewu bisa di nikmati dari dua sisi, sisi malang dan juga sisi Lumajang.

Namun, yang paling terkenal dan banyak di kunjungi oleh masyarakat lokal atau wisata dari Mancanegara dari sisi sebelah Lumajang.

Air Terjun Tumpak Sewu

Lokasi Tumpak Sewu

Tumpak sewu berada dimana?, Kalau anda dari arah malang, terus ke timur arah turen dan dampit terus ke timur arah tirtoyudo, ampelgading setelah itu sidomulyo lumajang.

Dari ampelgading yang berlokasi di Desa Sidorenggo, RT 04 RW 01 timur balai desa Sidorenggo sekitar 300 meter arah kanan.

Ini lokasi tumpak sewu dari arah Malang.

Arah Lumajang sendiri terus dari lokasi tersebut nanti ada jembatan kali glidik, jembatan penghubung antara malang-lumajang.

Dari jembatan ini sekitar 400 meter sebelah kanan ada plat yang bertulisan "selamat datang di tumpak sewu".

Tumpak Sewu

Jalur Utara : Setelah anda tiba di lokasi tumpak sewu anda sekarang bisa melewati dua jalur, jalur selatan dan jalur utara.

Jika sahabat ingin lebih aman dan kendaraan bisa masuk ke panorama bisa melewati jalur dari arah utara, lokasi parkiran 100 meter dari jalan raya.

Jalur Selatan: Dari jalan raya sekitar 300 meter terus ke arah selatan, jika shobat ingin jalur yang esktrim dan penuh tantangan, bisa melewati jalur ini.

Namun, kalau membawa anak kecil atau lansia, lebih baiknya melewati jalur sebelah utara.

Tumpak Sewu, Surganya Lumajang

Tiket Masuk Tumpak Sewu

Tumpak sewu untuk jalur utara : 10.000

Tumpak sewu untuk jalur selatan : 20.000

Untuk tiket sendiri dari dua jalur ini berbeda-beda dan bisa sewaktu-waktu bisa berubah, mungkin karena faktor pembenahan jalur.

Keanekaragaman Tumpak Sewu

Tumpak sewu tidak hanya menyuguhkan panorama keindahan air terjunnya saja, tetapi jalur yang dilalui juga menjadi ekstotis, karena jalan dialiri oleh air dingin yang jernih.

Tidak hanya itu saja, ada fasilitas seperti toilet, mushola, dan warung yang bersih diarea panorama sehingga umat muslim tidak perlu kawatir ketika memasuki waktu sholat atau sedang kelaparan.

Selain itu juga menyediakan cafee yang bisa digunakan untuk rehat sejenak ketika naik dari titik tumpak sewu.

Sejarah Tumpak Sewu

Di balik keindahan air terjun tumpak sewu, ada sejuta sejarah yang tidak banyak tahu.

Tumpak sewu sendiri merukan sebuah nama yakni tumpak yang berarti sabtu sedangkan sewu adalah seribu.

Jadi tumpak sewu berarti di buka hari sabtu dialiran seribu air terjun, dan aliran ini tidak perlu kering meskipun kemarau panjang.

Dulu kala ada warga yang bernama Abdul Karim dan warga sekitar menemukan air terjun ini kemudian berinisiatif menjadikan wisata alam yang berlokasi di desa Sidomulyo.

Dari inisiatif ini terkumpulah dana desa dan dana dari berbagai Masyarakat, seiring waktu berjalan, masyarakat membuat jalur tangga untuk bisa ke bibir air terjun, agar masyarakat bisa menikmati air terjun dari jarak dekat.

Empat bulan berjalan, secara resmi pada tanggal 13 Maret 2025 air terjun yang diberi nama tumpak sewu diresmikan.

Setelah sekian lama tumpak sewu dengan berbagai macam pembenahan sampai sekarang serta dibantu dengan kecanggihan teknologi  medsos, tumpak sewu dikenal ke Mancanegara.

Mulai negara Brasil, Australia, Cina, Amerika Serikat, Singapore, Malaysia dan banyak lagi yang turut merasakan keindahan alam tumpak sewu.

Gambar Air Terjun Tumpak Sewu








Kata Penutup

Demikianlah artikel yang membahas Keindahan Tumpak Sewu Malang, Seribu Air Terjun, semoga dengan artikel ini bisa menjadi rekomendasi wisata libur keluarga.



Belum ada Komentar untuk "Tumpak Sewu Surganya Lumajang, Seribu Air Terjun"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah artikel