Cara Mengatasi Motor Susah Hidup Ketika Mesin Panas

Mungkin saat kondisi mesin motor sedang panas dan susah di hidupkan ini memang jarang di alami oleh sebagian besar pengguna kendaraan bermotor di Indonesia, dan yang paling banyak di alami justru  kebalikannya yaitu mesin susah hidup saat dingin atau saat di pagi hari.

Cara Mengatasi Motor Susah Hidup Ketika Mesin Panas


Namun apabila motor anda mengalami Mesin Susah Di Hidupkan Ketika Panas ada banyak faktor yang bisa menjadi masalah, hal ini adalah masalah yang pernah saya alami pada motor saya sendiri, yaitu pada motor Honda GL MAX th 89, walaupun umur motor memang sudah terbilang sudah tua dan memang saatnya mengganti onderdil yang sudah usang atau rusak, tetapi hanya dengan modal dengkul alias otak atik sendiri motornya seperti ganti coil maupun cdi pake punyanya motor lain tapi hasilnya tidak ada perubahan namun alhamdulillah saya pun telah berhasil menemukan masalahnya. Pastinya anda ingin tau masalahnya bukan? Ternyata masalahnya sangat sepele dan terletak di karbulator, namun ada banyak kemungkinan yang bisa terjadi jika saat mesin motor panas tapi susah untuk kita hidupkan dan bisa hidup kembali saat kita dorong atau malahan mati total dan harus nunggu mesin dingin baru bisa hidup kembali, berikut penyebab motor susah hidup ketika mesin panas

Penyebab Motor Susah Hidup Ketika Mesin Panas

1. ) Settingan Karburator Terlalu Irit

Ini adalah hal yang pernah saya alami di motor saya sendiri, setelah cek sana sini ternyata masalahnya ada pada settingan karburator yang terlalu irit bbm yang berdampak pada mesin ketika panas susah di hidupkan, dan untuk setting karburator agar sedikit boros anda bisa buka jarum karburator dan mencopot kancing jarum lalu taruh kancing jarumnya di bagian bawah dari sebelumnya.



2.) Kompresi Bocor

Kompresi bocor bisa saja menjadi masalahnya karena apabila kompresi bocor bisa saja gas bbm yang ada di ruang pembakaran menghilang keluar akibat bocor, hal ini terjadi biasanya terjadi karena klep in dan klep out tidak menutup dengan sempurna contohnya seperti lubang klep kotor atau terganjal dengan kerak hasil dari pembakaran, dan untuk memperbaikinya anda harus membuka head kop dan mencopot kedua klep lalu melakukan skir klep untuk memperbaiki lubang klep agar rapat agar kompresi tidak bocor, untuk melakukannya anda wajip mempunyai obat skrur + selang + mesin bor listrik/obeng untuk memutar klepnya atau anda bisa mencari caranya di youtube agar tidak  salah.


3.) Pulser Yang bermasalah

Walapun pulser ini jarang terjadi yang namanya rusak tapi anda juga wajib mengchek nya apakah pulser memang bekerja dengan optimal atau tidak, fungsi pulser sendiri adalah untuk mengirimkan signal saat kondisi piston di TMA, Jadi saat motor di starter dan piston pada TMA pulser akan mengirim signal ke cdi lalu ke koil dan berakhir pada busi dan langsung mematikkan api untuk membakar gas bbm, isi dari komponen pulser sendiri merupakan sebuah besi magnet yang dililit kumparan kawat tembaga yang apabila ada besi yang di tempelkan pada ujung pulser dan di tarik secara berulang ulang maka pulser akan mengeluarkan listrik yang bisa kita chek menggunakan alat bernama avo meter.



4.) Koil atau CDI Yang Bermasalah

Untuk memastikan jika koil bermasalah atau tidaknya, anda bisa pinjam atau copot koil dari motor yang masih sehat, dan kemudian pasang pada motor yang bermasalah kemudian coba apakah saat mesin panas masih susah di hidupkan atau tidak, dan apa bila masalahnya ada di sini maka kamu perlu membeli yang baru, harganyapun cukup murah hanya sekitar 30rb an saja, begitupun dengan CDI yang sudah mulai melemah anda bisa pinjam cdi dari motor teman untuk memastikan apakah penyakitnya ada disini atau tidak.



Ada juga yang beranggapan kalau mesin motor panas susah di hidupkan itu kendalanya ada pada Spull, namun sesuai pengalaman apabila spull rusak motor pasti langsung akan mati dan tidak mau di hidupkan dan jalan satu satunya cuma gulung ulang spull ataupun beli yang baru,

Demikian informasi mengenai cara mengatasi mesin motor susah di hidupkan ketika mesin panas dan semoga informasi di atas bisa bermanfaat bagi kita semua, terimakasih.

4 Komentar untuk "Cara Mengatasi Motor Susah Hidup Ketika Mesin Panas"

  1. nice info gan

    Belajar sesuatu yang baru dan menghasilkan uang! Saya baru saja menutup perdagangan dengan 168.00 pips keuntungan dan memperoleh uang ekstra di AGEA (www.agea.com)!

    BalasHapus
  2. Thanks om infonya bermanfaat banget...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Motor ane Honda 70 klo udh panas mati padahal klep,seher,pulser busi udh d ganti semua, terus mesin jga udh ane ganti tapi tetep ajah mati, tolong oenpencerahan

      Hapus
    2. Cek koil dan kiprok, CDI jg

      Hapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah artikel