Mengatas Dan Memperbaiki Suara Klotok Klotok Di CB150R, Sonic, Supra GTR

Masalah utama yang banyak di keluhkan pada motor sport honda kelas 150cc keluaran tahun 2015 seperti Honda All New CB150r, Cbr150, Sonic, Supra GTR 150 adalah mucul suara klotok klotok atau kluk kluk kluk pada bagian silinder/boring, tidak hanya satu atau dua orang saja yang mengalaminya karena kebanyakan pengguna motor yang saya sebutkan di atas juga pernah mengalami hal yang serupa.

Saya kira suara klotok klotok pada bagian silinder ini cuma saya saja yang mengalaminya ternyata eh ternyata bukan hanya saya saja, kerena setelah saya join ke grub komunitas motor cb150r ternyata banyak juga yang mengalaminya, dan masalahnya ada ternyata ada pada bagian komponen "Tensioner Rantai Keteng" yang lemah alias kekuatan mendorong lidah rantai keteng terlalu lemah dan perlu sedikit di modifikasi.

Pada postingan kali ini saya akan memberikan trik mengatasi suara klotok klotok tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun alias gratis, namun kita hanya perlu memiliki kunci Ring 8mm, jika kamu tidak punya kamu bisa meminjamnya ke teman atau bengkel terdekat.

Jika suara Klotok klotok pada motor tidak segera anda atasi maka akibatnya bisa sangat membahayakan pada motor anda, karena apabila di biarkan mungkin bisa saja rantai keteng bisa loncat dari gear yang akan mengakibatkan klep bengkok dan jika sudah terjadi kita perlu mengeluarkan banyak biaya untuk memperbaikinya.

Sebenarnya tutorial mengatasi suara klotok klotok pada mesin cb150r, sonic, supra gtr yang akan saya bagikan ini bisa kamu lakukan sendiri di rumah asal kamu memiliki keyakinan dan keberanian sendiri, karena tutorial ini akan saya buat semudah mungkin bagi orang yang tidak begitu faham dengan mesin, namun jika kamu ragu kamu bisa membawanya ke ahas atau bengkel namun pastinya kamu akan di pungut biaya, tetapi jika anda ingin lakukan sendiri kamu bisa baca tutorial di bawah ini, Itung itung bisa nambah pengalaman.

Solusi Cara Memperbaiki Suara Klotok Klotok Di CB150R, Sonic, Supra GTR

Bahan Bahan

- Kunci Ring 8mm
- Obeng (-) (Taspen)



1.) Langkah pertama silahkan kamu copot tensioner menggunakan kunci ring 8mm, Setelah berhasil silahkan lanjut step nomor 2.


2.) Setelah itu tarik bagian Per Pita yang saya lingkari sekitar 5cm kemudian bengkokkan per pita tersebut dan cantolkan seperti semula, atau lihat gambar di bawah ini, dengan cara ini maka per pita yang ada di dalam tensioner akan memutar semakin kuat sehingga tonjolannya tidak gampang kendor atau lemah.



3. Kemudian pasang kembali tensionernya ke motor, namun sebelumnya pendekin dahulu tensionernya menggunakan obeng (-) caranya masukkan obeng - di belakang tensioner kemudian putar ke kanan hingga tensionernya pendek setelah itu tahan supaya tidak panjang kembali, dan sekarang kamu bisa memasangnya ke motor sambil menahan obeng - tadi dan jangan sampai terputar sebelum baut tensioner kencang.



4.) Setelah baut tensioner sudah kencang sekarang kamu bisa langsung melepas obeng - tadi maka secara otomatis akan mendorong lidah tensioner, namun supaya mendorongnya lebih kencang silahkan kamu putar ke kiri atau kencangkan.

Baiklah itu dia solusi cara mengatasi suara klotok klotok pada all new cb150r, Sonic, Supra GTR150, Cara di atas sudah saya buktikan sendiri dan ternyata berhasil dan sampai saat ini tidak muncul lagi suara klotok klotok pada bagian silinder motor. Alternatif lain jika ingin lebih memuaskan kamu bisa mengganti atau memodofikasinya menggunakan baut 10mm, nah tutorial tersebut sudah saya tulis juga di postingan sebelumnya.

Untuk alternatif lain mengatasi suara klotok klotok di all new honda cb150r, anda juga bisa menggunakan tensioner KW punya honda karisma, biasanya tensioner ini di jual dengan harga yang sangat murah yaitu 25rb sampai 35rb dan sudah bisa langsung kamu pasang di motor CB150r dan sejenisnya secara Plug And Play, namun akan lebih baik lagi apabila per pitanya anda potong sekitar 3cm supaya dorongannya lebih kuat lagi, Saya mendapatkan tensioner Honda karisma KW ini dengan harga cuma 27rb dengan merek MPM, untuk contoh foto barangnya kamu bisa melihatnya di bawah ini
Tensioner Karisma PNP CB150r

Oke jika kamu memiliki sebuah pertanyaan seputar postingan ini silahkan kamu bisa tulis di kolom komentar, Insya Allah saya balas secepatny, dan jangan lupa juga untuk bagikan/Share artikel ini, demikian artikel kali ini, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita seputar dunia otomotif, Terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Mengatas Dan Memperbaiki Suara Klotok Klotok Di CB150R, Sonic, Supra GTR"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah artikel