Cara Lengkap Pasang TWRP dan Root Xiaomi Redmi Note 8 [Ginkgo]

Thursday, October 01, 2020

Kali ini saya akan membahas tentang TWRP dan Root lagi untuk salah satu perangkat Xiaomi. Perangkat yang akan saya bahas kali ini adalah Xiaomi Redmi Note 8 dengan codename Ginkgo. Perangkat ini sebenarnya sudah memiliki banyak sekali pengguna dan developer.

Untuk pembahasan TWRP atau Team Win Recovery Project yang merupakan custom Recovery ini sudah tidak asing lagi mungkin bagi para pengguna perangkat Xiaomi. Karena hal ini merupakan hal paling utama yang biasanya dicari oleh para pengguna sebelum mebeli perangkat Xiaomi.

Memasang TWRP ini juga tidak sesulit yang dibayangkan karena sudah ada banyak tutorial-tutorial simple yang bertebaran di Google maupun di Youtube. Sedangkan diartikel ini saya memberikan cara simple serta lengkap untuk memasang TWRP pada perangkat Xiaomi Redmi Note 8 ini.

Syarat Utama
  • Perangkat kamu harus sudah dalam kondisi Unlock Bootloader, jika belum kamu bisa baca disini.
  • Harap melakukan backup sebelum melakukan tutorial ini karena kehilangan data atau kerusakan bukan tanggung jawab kami.
  • Peringatan melakukan Rooting Device dapat menghilangkan garansi.
Alat dan File yang dibutuhkan
Langkah Pasang TWRP
  1. Masuk ke mode fastboot dengan cara menekan tombol Volume Bawah + Power dalam keadaan perangkat mati. Tahan selama beberapa detik hingga muncul logo Fastboot (logo Android dengan bacaan fastboot dibawahnya).
  2. Selanjutnya buka folder Minimal ADB and Fastboot dan jalan kan file cmd-here.exe namun sebelum itu pastikan kamu telah memindahkan file TWRP kedalam folder ini.
  3. Lalu kamu bisa hubungkan perangkat ke PC/Laptop menggunakan kabel USB
  4. Setelah itu untuk mengecek perangkat sudah terhubung dalam mode fastboot kamu bisa mengetik perintah fastboot devices lalu tekan enter.
Baca Juga: 

Cara Pasang GCAM Xiaomi Redmi Note 6 Pro
Kumpulan GCAM Xiaomi Mi 9 Lite / CC 9
  1. Kemudian ketik perintah fastboot flash recovery recovery.img (sesuai nama file TWRP yang sudah kamu unduh) untuk memulai proses flashing TWRP.
  2. Jika proses flashing sudah selesai kamu bisa ketik perintah fastboot boot recovery.img untuk masuk langsung ke TWRP.
  3. Bila sudah masuk ke TWRP/Recovery silahkan geser kekanan Swipe to allow modification.
  4. Lalu silahkan ketuk menu Wipe lalu pilih Format Data dan ketik Yes untuk konfimasi proses penghapusan seluruh data pada perangkat yang bertujuan agar sistem ter enkripsi.
Langkah Root
  1. Masuk ke Mode Recovery kembali atau kamu bisa melanjutkan dari proses Wipe tadi.
  2. Setelah itu pastikan file Magisk sudah ada di penyimpanan internal
  3. Lalu kamu bisa ketuk menu Install dan cari file Magisk-20.4.zip yang sudah kamu unduh tadi (itu merupakan versi terbaru untuk sekarang ini).
  4. Pastikan kamu tidak mencentang Reboot after installation is complete lalu Swipe to confirm flash.
  5. Jika proses flashing magisk sudah selesai silahkan kamu flash file DFE atau DM Verity.
  6. Bila semua proses flashing sudah selesai dan berhasil, kamu bisa ke menu Reboot dan ketuk To System.
Begitulah cara lengkap dan simple untuk memasang TWRP dan root pada perangkat Xiaomi Redmi Note 8 dengan codename Ginkgo ini. 

Kamu tidak perlu ragu dengan artikel ini karena hal ini sudah teruji pada beberapa pengguna yang tentunya berhasil.

Jika kamu ingin menggunakan TWRP Recovery versi lainnya, kamu bisa mengunduh di forum Xiaomi Redmi Note 8 atau kamu juga bisa menggunakan versi Official yang saya bagikan saja. Karena versi tersebut sudah cukup Stable dan fitur-fiturnya tidak jauh berbeda dengan TWRP Mod lainnya.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

No comments:

Post a comment