4 Cara Sederhana Mencegah Infeksi Saluran Kemih Sejak Dini- Bagi Ibu Hamil Dan Bayi

Monday, September 14, 2020
Infeksi Saluran Kemih Ibu Hamil

Infeksi Saluran Kemih- Halo shobat semua kali ini Web  Sebarkancara akan membahas seputar kesehatan, karena kesehatan seseorang itu memang sangat mahal, oleh karena itu sebelum datang waktu penyesalan, maka sebaiknya menjaga apa yang sudah menjadi kewajiban kita.

Sebelum membahas lebih jauh lebih indahnya terlebih dahalu menjelaskan apa itu infeksi saluran kemih?

Apa yang di maksud dengan Infeksi saluran kemih, Infeksi saluran kemih adalah  suatu keadaan atau penyakit berupa infeksi pada saluran kemih yang di sebabkan oleh kuman. Atau lebih simplenya penyakit yang terdapat pada saluran kemih.

Penyebab infeksi pada saluran kemih 

Yang pertama

Air senih merupakan kotoran yang ada di dalam tubuh manusia yang harus di buang melalui kemaluan, oleh karena itu jika seseorang sering menahan air senih, padahal sudah waktunya terbuang, mungkin karena kebelet kencingnya saat rapat atau ingin shalat, kalau kondisi ini sering di lakukan, maka akan menyebabkan Infeksi pada saluran kencing, apalagi air senih banyak mengandung kuman.

Adanya kuman atau bakteri yang bersarang di tempat saluran kemih, dengan lamanya kuman yang bersarang, maka infeksi saluran kemih semakin parah.

Yang kedua

Faktor Kehamilan, loh kenapa kehamilan juga bisa menyebabkan infeksi pada saluran kemih? Infeksi saluran kemih pada ibu hamil ini sangat wajar terjadi, mengapa? Sebab dengan berkembangnya janin yang di kandung ini menyebabkan tekanan yang kuat pada saluran kemih, sehingga bakteri atau kuman akan mudah terperangkap dan menjadi infeksi yang bersarang di saluran kemih.

Oleh karena itu, ibu hami di anjurkan untuk selalu  kontrol atau memeriksakan  kesehatan diri sendiri dan kandungan, agar kesetabilan tubuh selalu terjaga dan tidak ada hal-hal yang di kawatirkan bisa terjadi.



Di samping itu ibu hamil Imun tubuhnya selalu tidak seimbang, karena terbebaani dengan janin yang di kandung, pekerjaan rumah tangga, belum lagi menjaga kesehatan tubuhnya, agar saat proses kelahiran bisa lancar dan selamat.

Yang Ketiga

Pengosongan kandung kemih yang tidak tuntas, ketika kita BAK (buang air kecil) tidak tuntas, maka kemih atau urin akan mengendap di kandung kemih, kondisi seperti ini bisa menyebabkan infeksi pada saluran kemih, sebab kemih atau urin itu kotoran yang harus di buang dari badan kita.

Nah kalau kita BAK tidak tuntas atau kemih masih tersisa di kandung kemih sama halnya kita menyimpan kotoran yang jelas-jelas mengandung penyakit di tubuh kita.

Syariat islam telah menuntun dan mengajarkan kepada umat islam, bahwa ketika buang air kecil harus di tuntaskan, caranya bagaimana, pertama setelah air kencing sudah di keluarkan, sebaikanya urut pelan-pelan kemaluan agar sisa kencing di dalam bisa keluar semua, kedua Dehem-dehem saat buang air kecil sambil menekan agar urin bisa keluar semua.

Inilah tata cara kencing yang di ajarkan oleh syariat islam, selain faktor ibadah juga untuk menjaga kesehatan tubuh.

Yang Keempat

Batu kandung kemih yang terdapat pada saluran kemih, dari mana datangnya batu itu, batu itu tercipta dari endapan  mineral yang terdapat pada kandung kemih.

Ukuran batu ini sangat beragam mulai paling kecil sampai ada yang besar, besarnya jangan di bayangkan seperti kita lihat pada umumnya, tapi hanya sebesar biji jagung atau lebih besar sedikit,

Nah apa bahaya batu itu jika  pecah  di saluran kandung kemih, pasti akan mengakibatkan sakit yang sangat.

Tanda-Tanda dan Gejala Infeksi saluran pada kandung kemih

a. Nyeri Saat kencing

Gejala ini sudah pasti kalau saluran kemih bermasalah dengan adanya infeksi maka akan mengalami nyeri saat buang air kecil, untuk itu sebelum hal ini terjadi sebaiknya menjaga kesehatan sebaik mungkin.

b. Rasa terbakar pada saat buang air kecil

Infeksi yang terdapat pada saluran kandung kemih, maka hal ini akan mnegakibatkan panas saat buang air kecil dan akan semakin tersiksa jika saat buang air kecil ada rasa nyeri dan panas,

nah kita tidak mau kan hal ini terjadi pada diri kita, untuk itu rawat diri kita dengan memperbanyak minum air putih, olahraga teratur dan jangan menunda-nunda waktu BAK atau BAB.

c. Selalu Kencing

Infeksi pada saluran kemih akan mengakibatkan si penderita akan selalu buang air kecil, mengapa? Sebab saluran air kemih yang mengalami  infeksi akan menyebabkan rasa nyeri dengan rasa nyeri ini,

Gejala Infeksi Saluran kemih

maka otot-otot akan berkontradiksi ke otak untuk selalu  buang air kecil, kalau bunga air kecil dalam keadaan normal (tidak sakit atau tidak merasa panas saat BAK) akan terasa nyaman, Nah kalau sebaliknya Bagaimana.

Proses Infeksi yang terjadi pada kandung saluran kemih

1. Kuman bakteri atau tinja               

2. Naik ke atas saluran kemih

3. Kuman bakteri bersarang di kantung kemih 

4. Terjadi peradangan

5. Terjadi infeksi saluran kemih

Lalu bagaimana cara untuk mencegah terjadinya infeksi pada saluran kemih

Menjaga kebersihan

Menjaga kebersihan baik lingkungan, tempat, pakaian atau yang lebih urgen menjaga kebersihan badan, seseorang yang hidup bersih jarang sekali terjangkit penyakit yang sangat membahayakan.

 Sebaliknya seorang yang hidup tidak sehat rentan sekali terjangkit penyakit, seperti buang sampah sembarangan sampai sampahnya menumpuk, jarang mandi, jangan minum air putih dan selalu berpakaian yang kotor tanpa di cuci.

Perbanyak Minum air Putih

Hidup sehat salah satunya selalu memperbanyak minum air putih, lebih-lebih air putih yang di embunkan di malam hari atau langsung mengambil dari sumbernya.

Banyak para ahli menganjurkan memperbanyak minum air putih, lebih-lebih bagi penderita lambung, karena dengan memperbanyak minum iar putih tubuh akan selalu sehat dan kotoran yang ada di dalam tubuh lambat laun akan terbawa oleh urin yang keluar.

Infeksi Saluran Kemih Pada Pria bisanya di sebabkan kurangnya mengkonsumsi air putih dan selalu menunda Buang Air Kecil, apalagi pria pekerjaanya sangat berat di banding wanita

Sering mengganti celana dalam

Untuk mencegah terjadinya infeksi saluran pada kantung kemih sebaiknya selalu mengganti celana dalam ketika celana dalam yang di pakai sudah lama atau kotor agar kuman atau bakteri yang terdapat di celana dalam tidak masuk kesaluran kemih yang dapat mengakibatkan infeksi.

Tidak Sering Menahan BAK (baung Air Kecil)

Penulis banyak menemukan seseorang yang bermasalah pada saluran kemih adalag karena seringnya menahan air kemih, oleh karena itu juga seseorang sudah waktunya buang air kecil, jangan sampai di tunda.

Kenapa bisa begitu, sebab kencing itu adalah kotoran yang terdapat di dalam tubuh, nah kalau kotoran itu tidak cepat-cepat di buang, maka sudah pasti akan menjadi bakteri yang siap menyerang bagian anggota-anggota kita.

Kata Penutup

Menjaga kesehatan itu wajib hukumnya, karena dengan menjaga kesehatan segala aktifitas bisa di lakukan tanpa kendala, sebaliknya, jika tidak menjaga kesehatan, lalu sakit, maka sakit tersebut akan menghalangi aktifitas kita.

Demikianlah penjelasan tentang 4 Cara Sederhana Mencegah Infeksi Saluran Kemih Sejak Dini. agar kehidupan kita bisa normal tanpa terserang oleh penyakit. Semoga artikel ini bermanfaat untuk semuanya ..











Artikel Terkait

Previous
Next Post »

No comments:

Post a comment

Note: only a member of this blog may post a comment.