Cara Root dan Pasang TWRP Permanent Xiaomi Redmi Note 7

Saturday, October 03, 2020

 Pembahasan kali ini adalah cara root dan pasang TWRP pada perangkat Xiaomi Redmi Note 7 dengan codename Lavender. Hal ini biasanya dibutuhkan para pengguna smartphone Android karena memiliki banyak fungsi.

Dengan memasang TWRP, perangkat yang kamu miliki dapat melakukan customisasi yang luas. Dalam arti mengatakan bahwa kamu bisa melakukan hal-hal seperti menginstall Custom ROM, Patch dan banyak lagi.

Banyak pengguna yang sengaja memasang TWRP untuk bisa mendapatkan akses lainnya juga seperti Root dan hal tersebut juga akan saya bahas nanti diakhir artikel. Untuk itu berikut ini pembahasan lengkap tentang TWRP serta Root pada perangkat Xiaomi Redmi Note 7 ini.

Perhatian:

  • Melakukan root dapat menghapus garansi pada perangkat
  • Diwajibkan untuk melakukan backup data sebelum melakukan tutorial ini.

Syarat dan Bahan

  1. Perangkat sudah di UBL atau sudah berstatus Unlock Bootloader.
  2. Memiliki PC atau Laptop dengan sistem operasi minimal Windows 7.
  3. Memiliki kabel USB dengan kondisi yang baik, original direkomendasikan.
  4. TWRP Recovery.img, file Official TWRP dari twrp.me
  5. Minimal ADB Driver, tools yang berfungsi untuk memasang TWRP.
  6. Magisk, file yang berfungsi membuat status perangkat menjadi Rooted atau telah di root.

Pasang TWRP Redmi Note 7

  1. Pertama pasang Minimal ADB Fastboot lalu ubah naman file TWRP yang telah kamu unduh menjadi recovery.img dan pindahkan file ke folder C:/adb.
  2. Aktifkan terlebih dahulu USB Debugging tepat di menu Opsi Debugging lalu hubungkan perangkat ke PC menggunakan kabel USB.
  3. Setelah itu silahkan ketik perintah adb devices dan bila perangkatt terdeteksi, kamu bisa mengetik perintah adb reboot bootloader.
  4. Atau bila kamu ingin cara yang simple bisa matikan perangkat lalu masuk ke Mode Fastboot dengan menekan tombol Power + Volume Bawah.
Baca Juga:

  1. Bila sudah masuk ke mode fastboot (terdapat logo Android serta bacaan Fastboot Mode) kamu bisa membuka cmd dan mengetik perintah fastboot devices.
  2. Perintah tersebut berfungsi mengecek perangkat sudah terhubung ke PC kamu atau belum dan bila terdapat kode unik seperti 3fchs4a berarti perangkat sudah terhubung.
  3. Selanjutnya kamu bisa ketik perintah fastboot flash recovery recovery.img.
  4. Proses flashing recovery atau TWRP biasanya kurang dari 5 detik dan bila sudah selesai kamu bisa mengetik perintah fastboot reboot untuk merestart perangkat.  Untuk bisa masuk ke TWRP kamu bisa menekan tombol Power + Volume Atas secara bersamaan

Cara Root

  1. Masuk ke TWRP dengan cara seperti yang saya beritahu sebelumnya.
  2. Setelah itu pergi ke Menu Install dan cari file Magisk yang sudah kamu unduh tadi.
  3. Tunggu proses flashing yang biasanya tidak lebih dari 1 menit.
  4. Bila sudah selesai silahkan kamu ketuk Reboot System.

Proses booting setelah memasang Magisk ini akan terasa lebih lama untuk awal ini saja dan selanjutnya waktu booting akan kembali seperti semula.

FAQ

Bagaimana mengatasi TWRP tidak terpasang Permanen ?

Kebanyakan pengguna mengikuti tutorial ini dan TWRP mereka terpasang permanen atau mungkin mereka juga melakukan Factory Reset melalui menu Wipe setelah baru menginstal TWRP.

Namun kamu juga bisa melakukan hal lain agar TWRP bisa terpasang permanen. Berikut ini caranya :

  • Pertama pastekan juga file TWRP.img ke perangkat tepatnya di Internal Storage (jangan didalam folder manapun).
  • Kemudian kamu bisa flash TWRP ulang lewat PC seperti tutorial diatas.
  • Lalu diakhir kamu bisa ketik perintah fastboot boot recovery atau kamu bisa masuk ke TWRP dengan cara manual seperti tadi.
  • Selanjutnya kamu bisa ketuk menu Install lalu ketuk Install Image dan silahkan flash file TWRP.img yang tadi berada di Internal Storage.
  • Tunggu sampai proses flashing selesai, dan kamu bisa reboot system atau reboot recovery.

Bagaimana cara Root di Android 11 ?

Walaupun sebenarnya belum ada official ROM MIUI yang sudah berada di Android 11 pada perangkat Redmi Note 7 ini namun bagi kamu yang menggunakan Custom ROM sudah ada yang berada pada OS tersebut.

Contoh Custom ROM yang sudah menggunakan Android 11 yaitu Nusantara Project. Untuk itu kamu bisa menginstal magisk khusus untuk perangkat Android 11 ini. Unduh MagiskCU.zip lalu pasang dengan cara yang sama.

Itulah cara root dan pasang TWRP pada perangkat Xiaomi Redmi Note 7 dengan codename Lavender. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu semua pengguna perangkat ini.


Artikel Terkait

Previous
Next Post »

No comments:

Post a comment